Jumat, 27 Januari 2012

UNTUK DI KAJI

Keunggulan setiap negara semakin ditentukan oleh kemampuan negara tersebut mengembangkan kebijakan kebijakan publik yang unggul. Kebijakan publik bermula dari keyakinan akan kebaikan yang hidup di masyarakat, yang selanjutnya melahirkan nilai budaya dan norma sosial, yang kemudian melahirkan lembaga-lembaga politik, dan yang kemudian berproses. Dan kebijakan publik adalah produk dari proses politik.
Apapun sistem politiknya, termasuk yang demokratis sekalipun, jika tidak mampu menghasilkan kebijakan publik yang unggul, sia-sia belaka. Itulah pengalaman besar yang di alami Indonesia. Reformasi yang berjalan menghasilkan demokrasi, tetapi belum menghasilkan kebijkan publik: yang dihasilkan baru "peraturan" dan "perundang-undangan".
kebijakan publik akan masuk dalam kriteria kebijakan publik unggul jika dapat menghasilkan perbedaan yang nyata antara "sebelum" dan "sesudah". Kebijakan unggul mempunyai tiga nilai inti yaitu cerdas, bijaksana dan memberikan harapan, tanpa memuat tiga nilai itu, kebijakan publik tidak lebih dari selera dan arogansi kekuasaan.

Tidak ada komentar: